28 Des 2011

Menerawang Industri Games 2012




detikInet - Tak dipungkiri lagi jika industri game berkembang pesat, terutama untuk perangkat mobile yang kian hari terus bertambah.

Menurut pengamatan Jesse Divnich, Vice President of Analyst Services for Electronic Entertainment Design and Research (EEDAR) yang dikutip detikINET dari Gameindustry, Rabu (28/12/2011), seperti inilah tren game di 2012.

1. Game berbayar makin makmur di ponsel dan tablet

Meski saat ini banyak sekali game gratisan untuk ponsel dan tablet, namun diprediksi ke depannya game berbayar pun akan banyak diminati.

"Saya percaya bahwa market untuk game berbayar akan selalu ada, dan itu sudah bisa dipastikan bakal meningkat di 2012," kata Divnich.

Game berbayar untuk ponsel dan tablet diprediksi bakal makmur lantaran kedua perangkat tersebut terus mengalami penetrasi yang pesat. Terlebih lagi harga game di platform itu terbilang terjangkau.

2. PHK di negara berkembang

Bisa dipastikan, dalam lima tahun belakangan banyak sekali investor yang menanamkan duit mereka untuk pengembang game berbasis jejaring sosial dan game online.

Pada 2012, diperkirakan sejumlah investor mulai enggan mendanai proyek untuk jenis game tersebut, apalagi yang dibuat oleh developer kecil. Nah, di tahun depan diprediksi hanya studio besar saja yang bertahan, paling tidak hanya untuk di wilayah negara berkembang.

"Saya memperkirakan akan terjadi PHK dan penutupan sejumlah studio di wilayah pasar berkembang," lanjut Divnich.

3. GTA V akan menjadi game terbesar

Jika benar akan diluncurkan pada 2012, GTA V diprediksi akan menjadi game terbesar tahun itu. Melampaui game apa pun yang dirilis setiap tahunnya, seperti Call of Duty.

4. Tak ada konsol game baru

Banyak rumor menyebutkan Microsoft dan Sony akan merilis konsol terbaru di 2012. Sayangnya, kabar tersebut dianggap salah oleh Divnich.

Baik Xbox 360 atau PlayStation 3 masih dianggap memberikan keuntungan besar bagi penerbit game.

"Saya memang melihat rumor dari sumber yang cukup kredibel, tapi rasanya tidak akan ada pengumuman resmi dari perusahaan itu di 2012 nanti," tambah Divnich.

5. Surutnya game dansa

2011 boleh jadi tahunnya untuk game yang mengajak pemainnya berdansa atau menari, namun di tahun mendatang game jenis ini diprediksi tidak lagi populer.

Baca juga yang ini:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak anda disini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting