16 Des 2011

25 Persen Penduduk Lombok Barat masih Miskin


25 Persen Penduduk Lombok Barat masih Miskin: Lombok Barat [Sasak.Org] Bupati Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, H Zaini Arony mengatakan 25 persen dari 600 ribu jiwa penduduk di daerah ini masih miskin.

'Jumlah penduduk miskin tersebut menyebar pada 10 kecamatan, namun sebagian besar berada di Kecamatan Gunung Sari dan Sekotong sebagai daerah pesisir dan pedesaan,' katanya di Giri Menang, Minggu (12/9). Menurutnya, jika hal ini tidak segera ditangani dengan serius akan berdampak pada keamanan, ketertiban masyarakat dan tingkat kriminalitas.

Karena itu, kata dia, mulai 2011 Pemerintah Kabupaten Lombok Barat telah menyiapkan program penanganan kemiskinan melalui beberapa upya peningkatan ekonomi kerakyatan. 'Salah satunya pemberian bantuan sosial ekonomi produktif, dan sektor informal seperti pedagang bakulan serta pedagang kaki lima (PKL), begitu juga dengan program pemberdayaan masyarakat yang akan diarahkan ke pedesaan,' katanya.

Ia berharap dengan adanya perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Lombok Barat tersebut, secara bertahap mampu mengurangi angka kemiskinan di daerah ini. Menurut bupati, tingginya angka kemiskinan itu juga membawa konsekuensi penyandang angka buta huruf di daerah ini yang mencapai 17 persen dari total 600 ribu jiwa jumlah penduduk.

'Untuk itu pemerintah daerah saat ini fokus pada upaya memberantas kebodohaan sekaligus kemiskinan, sebab kemiskinan dan kebodohan berdampak besar terhadap keamanan di daerah ini,' katanya. Ia juga berharap masyarakat membantu pemerintah dalam memerangi dua hal fundamental yakni kebodohan dan kemiskinan di daerah ini, artinya semua warga Lombok Barat ikut berperan dalam membangun daerah ini. (Ant/vg/OL-05/MediaIndonesia)

Baca juga yang ini:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting