11 Jan 2012

GENDANG BELEQ SENI TRADISIONAL GUMI SASAK



Gendang Beleq adalah salah satu kesenian tradisional suku sasak, dimana gendang beleq ini digunakan sebagai musik pengiring pengantin dalam kegiatan nyongkolan.

Nama gendang beleq diambil dari dua suku kata yaitu gendang dan beleq. Gendang adalah salah satu alat musik tradisional yang digunakan, dan merupakan kepala/inti dari kesenian ini. Sedangkan beleq adalah kata dalam bahasa sasak yang artinya besar, karena gendang yang digunakan dalam kesenian cukup besar melebihi ukuran biasanya. Oleh karena gendang dengan ukuran yang besar merupakan ciri khas dari kesenian ini akhirnya dinamakan gendang beleq.

 
Alat musik lain yang digunakan dalam kesenian ini selain gendang adalah; kenceng, reong/kemong, petuk/kempol, gong, rincik, dan suling. Perpaduan alat musik ini akan menyajikan lantunan nada-nada yang indah dalam bahasa sasaknya disebut gending. Kecuali rincik dan suling alat musik dalam kesenian gendang beleq ini harus berpasang-pasangan, karena dalam kesenian ini dikenal istilah laki-perempuan (lanang-wadon).

Hampir diseluruh desa yang ada di pulau Lombok ini memiliki kelompok kesenian gendang beleq. Di desa gerung saja ada 2 kesenian gendang beleq yakni “Patuh Giraang” dan “Gema Nirwana”. Pada saat-saat tertentu kedua kelompok ini sering gabung menjadi satu kelompok, penggabungan ini akan melahirkan satu kesenian gendang beleq baru yang biasanya disebut gendang rembaq. (untuk lebih jelasnya tentang gendang rembak silahkan baca postingan saya yang lain disini )

Itulah sekilas tentang gendang beleq, apa yang saya tulis disini merupakan hasil dari penuturan para orang tua yang ada di kampung saya.

Semoga bermanfaat.


Baca juga yang ini:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting